Info

Senin, 02 April 2018

DIKLAT KEPEMIMPINAN, BAKSOS, OUTBOND, DAN PELANTIKAN OSIS 2017-2018

DIKLAT KEPEMIMPINAN, BAKSOS, OUTBOND,  DAN PELANTIKAN OSIS 2017-2018



  
Pelantikan OSIS periode tahun 2017-2018 yang bekerja sama dengan pihak SPC (Sumekar Psichology Counselling) kabupaten Sumenep dilaksanakan pada tanggal 03-05 Desember 2017.  Pada tahun kali ini pelantikan OSIS tahun 2017-2018 berbeda dengan tahun sebelumnya. Berdasarkan tempat dan konsepnyapun sangat berbeda dari pada tahun sebelumnya. Hal ini diharapkan agar OSIS periode selanjutnya bisa lebih baik dari pada OSIS tahun 2016-2017.
Pelantikan OSIS kali ini dilaksanakan di bumi Matanair-Rubaru, tepatnya di kediaman salah satu pengajar SMP Plus Miftahul Ulum yaitu Bapak Sahwini, S.Pd. Lokasi tersebut sangat strategis dengan banyaknya pepohonan yang rindang, serta dekat dengan aliran sungai menambah kesejukan desa tersebut. Selain itu warganyapun bisa dinilai sangat ramah, hal itu dibuktikan pada saat para peserta harus antri kamar mandi maka warga sekitar mempersilahkan agar sebagian peserta menggunakan kamar mandi yang dimilikinya.
Pada hari pertama acara ini dibuka langsung oleh kepala sekolah SMP Plus Miftahul Ulum yakni K. Hisbullah Huda, S.Pdi. selain itu acara ini juga dihadiri oleh para guru, perwakilan pihak SPC (Sumekar Psichology Counselling), para tokoh masyarakat desa Matanair-Rubaru, dan tentunya anggota OSIS periode 2016-2017 dan OSIS periode 2017 -2018. Acara pembukaan tersebut dilanjutkan dengan pemberian materi tentang kepemimpinan oleh pihak SPC (Sumekar Psichology Counselling).
Setelah acara pembukaan selesai, kemudian dilanjutkan dengan acara makan siang bersama “ala santri”. Dimana dalam hal ini makanan tidak disajikan menggunakan piring atau wadah sejenisnya, melainkan menggunakan lembaran daun pisang yang dapat kita lihat berdasarkan gambar berikut ini:


 
Hari kedua merupakan acara inti dari kegiatan ini, para peserta akan mendapatkan pelatihan akan arti kekompakan, kebersamaan serta pengembangan kreatifitas yang mereka miliki. Kegiatan ini dirangkum dengan acara Outbond yang langsung dibimbing oleh kepala sekolah, guru pembina OSIS dan guru pengajar lainnya. Pada detik itu, para peserta dibagi menjadi 4 kelompok dan diarahkan untuk menciptakan yel-yel kelompok. Hal itu membuktikan bahwa para peserta mampu menciptakan yel-yel kelompok secara mendadak dengan penuh kreatifitas dan kekompakan antar kelompok.
Acara puncak dilaksanakan pada malam hari setelah Outbond yaitu pada senin malam. Para warga juga turut menyaksikan pelantikan osis periode tahun 2017-2018. Nyala api unggun diiringi dengan sorakan warga yang menggelegar sebagai pertanda bahwa Pelantikan osis akan segera dimulai. Sebelum pelantikan dimulai, setiap kelompok menampilkan kreatifitas pensi (pentas seni) yang juga disaksikan dan diiringi tepuk tangan warga sekitar.
Pembacaan sumpah OSIS dipimpin oleh kepala sekolah yang kemudian diikuti oleh anggota osis periode 2017-2018. Berpasang matapun turut menjadi saksi atas janji-janji yang mereka ucapkan. Pelantikan tersebut berlangsung secara hikmat dan ditutup dengan acara renungan malam.
Rangkaian acara demi acara sudah terlaksana, kini sudah sampai pada hari terakhir. Kegiatan baksos (bakti sosial) dan penutupan menjadi acara terakhir di hari ketiga ini. Baksos (bakti sosial) tersebut untuk melatih akan indahnya berbagi meskipun hanya sekedarnya saja, namun akan bermanfaat bagi orang yang membutuhkan. Usai acara bakti sosial, kemudian dilanjutkan dengan acara penutupan kegiatan pelantikan osis yang berlangsung selama 3 hari.



Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact